Calm down

Just another WordPress.com weblog

hollywood wedding…

BILL CLINTON AND HILLARY RODHAM CLINTON

Hillary was just 27 when she married Bill at their home in Fayetteville, Arksansas, on Oct. 11, 1975.

KATIE HOLMES AND TOM CRUISE
Holmes donned Armani to walk down the aisle with Tom Cruise on Nov. 15, 2006, at the 15th-century Odescalchi Castle just outside of Rome.

NICOLE KIDMAN AND KEITH URBAN

idman and Urban said “I Do” at the Cardinal Cerretti Memorial Chapel in Sydney, Australia on June 25, 2006.

GIULIANA DEPANDI AND BILL RANCIC
The E! anchor walked down the aisle with the Apprentice winner on Sept. 1, 2007 in Capri, Italy. DePandi (who has since taken her husband’s last name) donned a Monique Lhuillier gown.

WILL SMITH AND JADA PINKETT SMITH
Will and Jada tied the knot at the Cloisters Mansion in Baltimore on Dec. 31, 1997

HENRY HAGER AND JENNA BUSH
President George W. Bush’s daughter married Henry Hager (the son of a former Lieutenant Governor of Virginia) on her parents’ 1,600-acre ranch in Crawford, Texas, on May 10, 2008.

CELINE DION and Rene Angeli

The singer married her manager on Dec. 17, 1994 at the Notre Dame Basilica in Montreal, Canada while wearing a seven-pound tiara made of 2,000 Austrian crystals, a 20-foot train and a Mirella and Steve Gentile-designed gown that took over 1,000 hours to complete

SNOOP DOGG AND Shante Broadus
The rapper said “I Do” to Shante at the Ritz Carlton in Marina Del Rey, California, on June 14, 2007. In January 2008, they renewed their vows in front of 200 guests.

TORI SPELLING AND DEAN MCDERMOTT

The reality stars had no guests present for their May 7, 2006 wedding in Fiji.

BARACK OBAMA AND MICHELLE OBAMA

The pair were wed on Oct. 18, 1992 by the controversial Rev. Jeremiah A. Wright Jr. at the Trinity United Church of Christ in Chicago.

COURTENEY COX AND DAVID ARQUETTE

The Friends alum wed her actor-husband on June 12, 1999, at San Francisco’s Grace Cathedral.

GWEN STEFANI AND GAVIN ROSSDALE
This rocker couple had two weddings! First, they married in London, and then had a second ceremony two weeks later (seen here) on Sept. 28, 2002 at a private home in L.A. Guests included the then-married Jennifer Aniston and Brad Pitt.


AVRIL LAVIGNE AND DERYCK WHIBLEY

Clad in a Vera Wang gown, Avril married her Sum 41 frontman beau Deryck (in a Hugo Boss suit) in Santa Barbara, California, July 15, 2006. “I might look like a tough chick – and I am – but I’m also a hopeless romantic inside,” Lavigne has said.

JEFF GORDON AND Ingrid Vandebosch
The racer tied the knot with his model-wife in a private ceremony in Mexico on Nov. 7, 2006. “She looked absolutely beautiful.” Gordon told <i>Us</i> of seeing the J. Mendel Couture-clad model. “I was so excited to be her husband.”
JULIANNA Margulies AND KEITH LIEBERTHAL
The former star was seven-months pregnant when she married her lawyer husband in a traditional ceremony in Lenox, Massachusetts. Julianna donned a Narciso Rodriguez gown. .

REBECCA ROMIJN AND JERRY O’CONNELL
About 150 guests showed up for Rebecca and Jerry’s country-western-themed backyard nuptials on July 14, 2007. A gospel group sang “Let the Sunshine In” as Rebecca walked down the aisle.

Michael doglas& Zeta
udah dpt istri cantik kyk gini….

Prince Charles & Lady DI


christina aquilera
Jennifer Lopez and Chris Judd
kid rock and pam, preman banget.
anna nicole dan Marshall
anna nicole dan howard
jessica simpson and nick

Jackie Kennedy & John F. Kennedy

LISA MARIE PRESLEY & NICOLAS CAGE
mariah carey

elvis presley

Victoria Beckham and David Beckham wedding pictures


Victoria Beckham is best known as “Posh Spice” as a member of the singing group “The Spice Girls”.
She is married to English football player David Beckham in 1999 with whom she has three sons.
The Beckhams moved to Los Angeles, California on 12 July 2007 as a result of David Beckham being signed to play for the LA Galaxy.
The couple’s joint wealth is estimated at £112 million

SNOOP DOGG AND Shante Broadus
The rapper said “I Do” to Shante at the Ritz Carlton in Marina Del Rey, California, on June 14, 2007. In January 2008, they renewed their vows in front of 200 guests.
Heather Locklear and Tommy Lee wedding pictures


Heather Locklear always seemed to have a bit of a wild side to her.

Locklear has dated Tom Cruise and Scott Baio and was married to Motley Crue drummer Tommy Lee from May 1986 to August 1993. After their divorce, she dated Leo Laporte and later married Richie Sambora on December 17, 1994 in Paris. She has separated from Sambora and has recently been seen dating Jack Wagner. Wagner was a co-star with her on Melrose Place.

Gwen Stefani and Gavin Rossdale wedding pictures


Gwen Stefani married British rocker musician Gavin Rossdale in 2002. Gwen is best known as the lead singer from No Doubt.

Stefani and Bush guitarist and lead singer Gavin Rossdale, married on September 14, 2002, with a wedding in St Paul’s Church in Covent Garden, London. A second wedding was held in Los Angeles two weeks later.
On May 26, 2006, their son, Kingston James McGregor Rossdale, was born via caesarean section at the Cedars-Sinai Medical Center in Los Angeles.
In January 2008, it was confirmed by her father-in-law that Stefani will be expecting her second child.

Denise Richards and Charlie Sheen wedding pictures


Here are pictures of Denise Richards wedding to Charlie Sheen, they married in 2002.
They have two daughters, Sam J (born March 9, 2004) and Lola Rose Sheen (born June 1, 2005).
By 2005-2006 they were getting one of the ugliest divorces in Hollywood history.

Katie Holmes & Tom Cruise ( again )

Catherine Zeta Jones – Michael Douglas

demi moore & ashton Kutcher

Cindy Crawford and Rande Gerber wedding pictures


Cindy Crawford married Rande Gerber on May 29, 1998.
She had previously been married to Richard Gere from 1991 to 1995.

Cindy Crawford she has two children with Rande Gerber, Presley Walker and Kaia Jordan. She currently resides in Malibu, California.

Jen & Brad

Carmen Electra and Dave Navarro wedding pictures


Carmen Electra wedding pictures to Dave Navarro, former lead guitarist for the rock bands Jane’s Addiction and Red Hot Chili Peppers.
They married on Nov. 22, 2003 in a wedding documented on the 2004 MTV reality show ‘Til Death Do Us Part: Carmen & Dave.
In July 2006 their divorce was announced. Awww

Carmen is currently dating Rob Patterson current live guitarist for KoRn. She recently got an “R” tattoo behind her ear. It is confirmed that Rob and Carmen are now engaged


Brazilian soccer star Kaka, who plays for Italian Serie A club AC Milan, puts a wedding ring on his bride Caroline Celico during their wedding in Sao Paulo late December 23, 2005


BRITISH ROYAL WEDDINGS
Queen Elizabeth & Prince Philip

Princes Anne & Mark Philip

Charles & Diana

Prince Andrew & Sarah Ferguson

Prince Edward & Sophie Rhys-Jones

Ivana Trump

Pernikahannya Thalia-Tommy Mottola

Gaunnya keren banget…wuih

Pernikahan BS-KF

usher
Vanessa L. Williams dan Rick Fox . Sekarang juga udah cerai

Yg jadi bridesmaidsnya saudara2 cewenya, Caroline, sama Andrea

Kalo yg ini saudara cewenya lain lain, Caroline Corr
Sayang picnya kecil…padahal gw suka gaun2 mereka…sederhana. Ngga banyak hiasannya, tapi tetep anggun.



CHRIS KATTAN AND SUNSHINE TUTT
The SNL star said “I Do” to his model-fiancee at the Chateau De Sureau on June 28 in Oakhurst, California.
On Saturday, actor/director/producer Kevin Costner and his girlfriend, Christine Baumgartner were married at Costner’s ranch in Aspen, Colorado. The ceremony took place against a backdrop of snow-capped mountains. A Roman Catholic priest married the 49 year-old groom and the 30 year-old bride

heryl Tweedy and Ashley Cole.
Cheryl’s dress was custom made by Roberto Cavalli.

.

February 25, 2009 Posted by | Uncategorized | 9 Comments

Hikmah sang keledai

hikmah keledaiTahukah anda, bahwa kehidupan selalu dan terus saja menuangkan tanah dan kotoran kepada kita, segala macam tanah dan kotoran. Cara untuk keluar dari timbunan tanah dan kotoran itu (masalah dan kesedihan) adalah dengan mengguncangkan segala kotoran dan tanah itu dari diri kita (pikiran dan hati kita). Dan melangkah naik dari “sumur” dengan menggunakannya sebagai pijakan kita selanjutnya.

Kita tahu, setiap masalah-masalah kita merupakan satu batu pijakan untuk melangkah. Kita dapat keluar dari “sumur” yang paling dalam dengan keluar berjuang, tidak pernah menyerah. Guncangkanlah segala hal-hal negative dari pikiran anda dan melangkahlah naik.

February 25, 2009 Posted by | Uncategorized | Leave a comment

Menggenggam Harapan

harapanSepasang suami isteri menggelar dagangannya di trotoar jalan. Saat itu petang turun terburu-buru. Lampu jalan cukup terang untuk menerangi dagangan mereka. Di kanan kiri tumpukan puing-puing bongkaran pasar mengepung. Di depan berlalu-lalang kendaraan dan langkah-langkah cepat. Siapa pula tertarik membeli?

Namun, mereka berdua silih berganti menyapa dan menawarkan dagangan. Kaos anak warna-warni, setangan sebungkus tiga, rok kecil, dan entah apalagi. “Wahai suami isteri pedagang, mengapa kalian yakin ada yang membeli dagangan itu. Bagaimana kalian bias menjajakan barang di keremangan dan keriuhan seperti ini?”

“Kami tak kehilangan harapan”, begitu jawabnya. “Itulah satu-satunya kekuatan kami. Kami tak tahu apa dan bagaimana membesarkan usaha ini, namun kami tahu harapan takkan pernah meninggalkan mereka yang menggenggamnya.” Berterimakasihlah pada orang-orang kecil yang memberikan teladan dan menebarkan harapan perbaikan hidup pada kita. Mereka tiang penyangga yang menahan langit dari keruntuhan. Mereka peredup terik mentari kehidupan yang ada kalanya terasa panas membakar.

February 25, 2009 Posted by | Uncategorized | Leave a comment

Bingkisan dari lubuk hati

bingkisanAda ratusan toko berjajar di kota ini. Didalamnya terpajang ribuan bahkan jutaan barang menarik untuk dibawa pulang. Anda hanya perlu sedikit kelapangan hati untuk membuat sebuah produk sederhana, mengemasnya secara hati-hati, menyisipkan secarik ucapan, dan memberinya sebagai bingkisan pada rekan kerja sekantor yang telah menjalani kerja baik selama ini. Bukan soal berapa uang yang harus anda belanjakan, namun seberapa panjang hubungan yang ingin anda rajut dengan mereka.

Berikan bingkisan sebagai tanda penghargaan dan terima kasih pada rekan kerja anda. Anda mungkin tak mampu menjadi rekan kerja yang baik, atau bukan teman bicara yang mengerti keluh kesah sahabat. Anda mungkin bukan pemimpin yang baik, yang belum bias menyediakan lingkungan kerja yang menyenangkan, atau memberikan upah yang mencukupi seluruh kebutuhan mereka, namun anda bisa berikan sekotak bingkisan dari lubuk hati anda. Percayalah, sesuatu yang berasal dari hati akan selalu singgah di hati pula.

February 25, 2009 Posted by | Uncategorized | Leave a comment

Hikmah Kisah Belalang…

Oktober 5, 2008 oleh wowo

hikmah belalangKadang-kadang kita sebagai manusia tanpa sadar pernah juga mengalami hal yang sama dengan belalang. Lingkungan yang buruk, hinaan, trauma masa lalu, kegagalan yang beruntun, perkataan teman, atau pendapat tetangga, seolah membuat kita terkurung dalam kotak semu yang membatasi semua kelebihan kita. Lebih sering kita mempercayai mentah-mentah apapun yang mereka voniskan kepada kita tanpa pernah berpikir benarkah anda separah itu? Bahkan lebih buruk lagi, kita lebih memilih untuk mempercayai mereka daripada mempercayai diri sendiri.

Tidakkah anda pernah mempertanyakan kepada hati nurani bahwa anda bisa “melompat lebih tinggi dan lebih jauh” kalau anda mau menyingkirkan “kotak” itu? Tidakkah anda ingin membebaskan diri agar anda bisa mencapai sesuatu yang selama ini anda anggap diluar batas kemampuan anda?

Beruntung sebagai manusia kita dibekali Tuhan kemampuan untuk berjuang, tidak hanya menyerah begitu saja pada apa yang kita alami. Karena itu teman, teruslah berusaha mencapai apapun yang anda ingin capai. Sakit memang, lelah memang, tetapi bila anda sudah sampai kepuncak, semua pengorbanan itu pasti terbayar.

Kehidupan anda akan lebih baik kalau hidup dengan cara hidup pilihan anda. Bukan cara hidup yang seperti mereka pilihkan untuk anda…

February 25, 2009 Posted by | Uncategorized | Leave a comment

http://kaskus.us/showthread.php?p=65019553#post65019553

February 17, 2009 Posted by | Uncategorized | Leave a comment

intermezo

Suatu hari seorang wanita bercerita pada sahabat pria-nya…..

(W : wanita , P : Pria)

W : aku sedih neh
P : kenapa?
W : aku mau menikah
P : lho? mau menikah kok sedih?
W : semuanya sudah tersedia, tempatnya, kateringnya, gaunnya, dananya….
P : nah, trus apa masalahnya?
W : cuma ada satu masalah…. yaitu tentang calon suamiku…
P : apa masalahnya? apakah kamu tidak mencintai calon suamimu?
W : bukan…
P : apakah dia bukan lelaki impianmu?
W : bukan..
P : apa dia kabur dengan wanita lain? atau ternyata dia adalah gay?
W : bukan juga…..
P : jadi….???
W : aku belum menemukan siapa pria yang akan kunikahi….
P :

Belum Punya Pacar

Bram, seorang tukang service alarm, sedang memperbaiki alarm di sebuah toko perhiasan.

Penjaga toko memberitahukan bahwa sedang ada diskon 40% untuk produk perhiasan tertentu.

“Saya jamin, pacar Anda pasti akan senang jika Anda membelikan dia perhiasan ini,” kata si penjaga toko.

“Wahhh, saya gak punya pacar tuh, Mbak,” jawab Bram.

“Apa? Hari gini gak punya pacar?” respon si penjaga toko.

Dengan santai Bram menjawab, “Iya, istri saya tidak mengijinkan saya punya pacar sihhh!”

Akibat Menang Lotre

Seorang wanita buru-buru pulang ke rumah dan berteriak pada suaminya, “Cepat, kemasi barang-barangmu, Aku menang lotre!!!”

Sang suami yang gembira bertanya, “wah, memangnya kita mau berlibur ke mana? Eropa atau Asia ?”

Kata sang istri, “Bawa semuanya, kamu keluar dari rumah ini!”

February 17, 2009 Posted by | Thinking | Leave a comment

wajah aktor barat-childhood

Brad Pitt

Angelina Jolie

Again…Angelina Jolie at 16…..

Lindsay Lohan

Ada Justin n Britney…..

Jennifer Aniston….
[IMG][/IMG]

Jessica Biel
[IMG][/IMG]

Jennifer Lopez

Keira Knightley
[IMG][/IMG]

Milla Jovovich
[IMG][/IMG]

Pamela Anderson

Ashley Simpson

Charlize Theron

Demmi Moore

Eminem

Gwen Stephanie

Alanis Morissette

Avril

Ben Affleck

Brad Pitt

Collin Farrel

Antonio Banderas

Bruce Willis

Christian Bale

Denzel Washington

George Clooney

Scarlett Johanssen

Nicole Kidman

michael jackson

Cameron Diaz

Drew Barrymore (Emang imut sejak kecil)

Lucy Liu

David Beckham

Ada yang minta KATIE HOLMES…..(mirip Suri)…

Hillary Clinton waktu masih kuliah

Daniel Radcliffe

Emma Watson

February 16, 2009 Posted by | Movies | Leave a comment

suni dan syiah

By Republika Newsroom
Kamis, 16 Oktober 2008 pukul 13:39:00

Salah satu mazhab atau golongan di dalam Islam, mempunyai pengikut paling banyak dibanding dengan mazhab yang lain. Paham suni berdasar pada sunah (tradisi) Nabi Muhammad SAW, di samping Alquran.

Kelompok ini biasa juga Ahlussunah wal jama’ah. Ahlussunah berarti orang-orang yang menganut atau mengikuti sunah, dan wal jama’ah berarti mayoritas umat. Yang dimaksud mayoritas umat di kalangan suni ialah mayoritas sahabat Nabi SAW. Dengan demikian, istilah ahlussunah wal jama’ah mengandung arti orang-orang yang mengikuti sunah Nabi SAW dan mayoritas sahabat, baik di dalam syariat (hukum agama Islam) maupun akidah (kepercayaan).

Istilah ahlussunah wal jama’ah tidak dikenal di zaman Nabi SAW maupun di masa pemerintahan al-Khulafaa-ur Rasyidun (Abu Bakar Shiddiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib); bahkan tidak dikenal di zaman pemerintahan Bani Umayyah (41-133 H/611-750 M). Istilah ini untuk kali pertama dipakai pada masa pemerintahan Khalifah Abu Ja’far al Manshur (137-59H/754-775M) dan Khalifah Harun ar Rasyid (170-194H/785-809M), keduanya dari Dinasti ‘Abbasiyah (750-1258). Istilah ahlussunah wal jama’ah semakin tampak ke permukaan pada jaman pemerintahan Khalifah al Ma’mun (198-218H/813-833M).

Pada zamaannya, al-Ma’mun menjadikan Muktazilah, aliran yang mendasarkan ajaran Islam pada Alquran dan akal, sebagai mazhab resmi negara, dan ia memaksa para pejabat dan tokoh-tokoh agama agar menjadikan paham ini terutama yang berkaitan dengan kemakhlukan Alquran. Muktazilah lebih banyak menggunakan akal dalam memahami masalah keagamaan dan tidak begitu berpegang teguh pada sunah.

Nabi SAW, namun mereka tetap tidak meninggalkan Alquran. Karena Muktazilah merupakan kelompok minoritas dan tidak kuat berpegang teguh pada sunah, maka kelompok yang menentangnya dikenal dengan nama ahlussunah wal jama’ah yaitu kelompok yang berpegang teguh pada sunah dan merupakan kelompok mayoritas.

Syiah adalah satu aliran dalam Islam yang meyakini Ali bin Abi Thalib dan keturunannya adalah imam-imam atau para pemimpin agama dan umat setelah Nabi Muhammad SAW. Dari segi bahasa, kata syiah berarti pengikut, kelompok atau golongan seperti yang terdapat dalam surat as-Shaffat ayat 83 yang artinya: ”Dan sesungguhnya Ibrahim benar-benar termasuk golongannya (Nuh).”

Paham syiah tersebar di negara-negara Iran, Irak, Afghanistan, Pakistan, India, Libanon, Arab Saudi, Bahrein, Kuwait, bekas negara Uni Sovyet, serta beberapa negara Amerika dan Eropa.

Para penulis sejarah Islam berbedap pendapat mengenai awal mula lahirnya Syiah. Sebagian menganggap Syiah lahir langsung setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW yaitu pada saat perebutan kekuasaan antara golongan Muhajirin dan Anshar di Balai Pertemuan Saqifah Bani Sa’idah. Pada saat itu muncul suara dari Bani Hasyim dan sejumlah kecil Muhajirin yang menuntut kekhalifahan bagi Ali bin Abi Thalib.

Sebagian yang lain menganggap Syiah lahir pada masa akhir kekhalifahan Usman bin Affan (memerintah dari tahun 644-656) atau pada masa awal kepemimpinan Ali bin Abi Thalib. Pada masa itu terjadi pemberontakan terhadap Khalifah Usman bin Affan yang berakhir dengan kematian Usman dan ada tuntutan umat agar Ali bin Abi Thalib bersedia dibaiat sebagai khalifah. dam/ disarikan dari buku Ensiklopedi Islam terbitan PT Ichtiar Baru Van Hoeve Jakarta.

February 11, 2009 Posted by | Thinking | Leave a comment

Tes ALZHEIMER (devi: coba ini,deh..)

1- Temukan huruf “C” di bawah. Jangan gunakan bantuan cursor.

OOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOO O
OOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOO O
OOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOO O
OOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOO O
OOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOO O
OOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOO O
OOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOCOOOOOOOOOOOOOO O
OOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOO O
OOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOO O
OOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOO O
OOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOO O

2- Jika anda telah menemukan huruf “C”, sekarang temukan angka “6” di bawah.

99999999999999999999999999999999999999999999999999 99999999999999
99999999999999999999999999999999999999999999999999 99999999999999999
99999999999999999999999999999999999999999999999999 99999999999999999
99996999999999999999999999999999999999999999999999 99999999999999999
99999999999999999999999999999999999999999999999999 99999999999999999
99999999999999999999999999999999999999999999999999 99999999999999

3- Sekarang temukan huruf “N” di bawah. Ini agak lebih sulit.

MMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMNMMMM
MMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMM
MMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMM
MMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMM
MMMMMMMMMMMMMMMMMMM

Ini bukan gurauan.
Jika anda bisa melewati 3 test ini, maka anda bisa membatalkan rencana
kunjungan anda ke ahli neurologis.
Otak anda masih baik dan jauh dari penyakit Alzheimer.
Selamat !
for your info

lzheimer atau kepikunan merupakan sejenis penyakit penurunan fungsi saraf otak yang kompleks dan progresif. Penyakit Alzheimer bukannya sejenis penyakit menular. Penyakit Alzheimer adalah keadaan di mana daya ingatan seseorang merosot dengan parahnya sehingga pengidapnya tidak mampu mengurus diri sendiri. Penyakit Alzheimer bukannya ‘kekanak-kanakan karena usia tua’ yang sekadar suatu proses penuaan. Sebaliknya, adalah sejenis masalah kesehatan yang amat menyiksa dan perlu diberikan perhatian.

Alzheimer digolongkan ke dalam salah satu dari jenis nyanyuk (dementia) yang dicirikan dengan melemahnya percakapan, kewarasan, ingatan, pertimbangan, perubahan kepribadian dan tingkah laku yang tidak terkendali. Keadaan ini amat membebani bukan saja kepada pengidapnya, malah anggota keluarga yang menjaga. Penyakit Alzheimer yang menurunkan fungsi memori ini juga menjejaskan fungsi intelektual dan sosial penghidapnya. Biasanya, anggota keluarga hanya datang membawa orang yang sakit berjumpa dokter apabila mereka sudah tidak tahan dengan gejala orang yang sakit.

Hingga kini, sumber sebenarnya penyakit ini tidak diketahui. Tetapi, ia bukanlah disebabkan penuaan. Bagaimanapun, ilmuwan berpendapat, ia dikaitkan dengan pembentukan dan perubahan pada sel-sel saraf yang normal menjadi serat.

Resiko untuk mengidap Alzheimer, penyakit yang sinonim dengan orang tua ini, meningkat seiring dengan pertambahan usia. “Bermula pada usia 65 tahun, seseorang mempunyai resiko lima persen mengidap penyakit ini dan resiko ini meningkat dua kali lipat setiap lima tahun,” kata Ahli Psikogeriatrik, Kantor Pengobatan Psikologi, Fakultas Pusat Pengobatan Universitas Malaya (PPUM), Dr. Esther Ebeenezer.

Menurut Esther, sekalipun penyakit ini dikaitkan dengan orang tua, namun sejarah membuktikan bahawa pesakit pertama yang dikenal pasti menghidap penyakit ini ialah wanita dalam usia awal 50-an.

Sejarah Alzheimer

Penyakit yang pertama kalinya, ditemukan oleh Dr. Alois Alzheimer pada 1907 ini, dinamakan Alzheimer, menurut namanya.

Hasil bedah pengamatan, Alzheimer mendapati Syaraf otak tersebut bukan saja mengecut, malah dipenuhi dengan gumpalan protein yang luar biasa yang disebut plak amiloid dan serat yang berbelit-belit (neuro fibrillary).

Amiloid protein yang membentuk sel-sel plak protein, dipercaya menyebabkan perubahan kimia otak. Musnahnya sel-sel saraf ini menyebabkan syaraf otak yang berfungsi menyampaikan pesan dari satu neuron ke neuron lain terpengaruh.

Meskipun penyakit ini yang semula ditemukan hampir satu abad yang lalu, ia tidak seterkenal penyakit yang lainnya seperti sakit jantung, hipertensi, Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS) atau sebagainya.

Kemungkinan ini disebabkan oleh penyakit ini tidak dapat dilihat gejalanya langsung seperti penyakit hipertensi yang dapat dilihat melalui pemeriksaan tekanan darah secara berkala.

Penelitian klinis terbaru menunjukkan suplementasi dengan asam lemak omega-3 dapat memperlambat menurunan fungsi kognitif pada penderita alzheimer ringan.

Pengungkapan terhadap Alzheimer

Publikasi mengenai penyakit Alzheimer masih rendah dan banyak orang tidak mengetahui tentang penyakit ini sampai dipublikasikan secara terbuka sendiri oleh bekas Presiden Amerika Serikat yang ke-40, Ronald Reagan dalam suratnya tertanggal 5 November 1994.

Penyakit Alzheimer sukar dideteksi sebab banyak yang beranggapan orang tua yang semula lupa, adalah sesuatu yang lazim karena faktor usia. Padahal itu mungkin tanda-tanda awal seseorang itu mengidap penyakit Alzheimer.

Tingkat Alzheimer

Lupa meletakkan kunci mobil, mengambil baki uang, tidak tahu membeli barang ke kedai, lupa nomor telepon atau kardus obat yang biasa dimakan ialah di antara sebagian gejala ringan.

Apabila orang yang sakit lupa mencampurkan gula dalam minuman, garam dalam masakan atau cara-cara mengaduk air dikategorikan sebagai tingkat sederhana.

Apabila orang yang sakit sudah tidak mampu melakukan perkara asas seperti menguruskan diri sendiri, keliru dengan keadaan sekitar rumah, tidak mengenali rekan-rekan atau anggota keluarga terdekat, ia menandakan orang yang sakit berada di tingkat yang serius.

Tanda-tanda lain

Orang yang terkena penyakit ini dapat menjadi agresif, cepat marah dan kehilangan minat untuk berinteraksi atau hobi yang pernah diminatinya. Diperkirakan bahwa pada sekitar 1950-an kira-kira 2,5 juta penduduk dunia mengidap penyakit ini. Pada tahun 2000, pengidap Alzheimer diperkirakan mencapai enam milyar orang.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), memperkirakan lebih dari satu milyar orang tua yang berusia lebih dari 60 tahun atau 10 persen penduduk dunia menghidap Alzheimer (2003). Peningkatan ini, ada kaitannya dengan semakin banyak penduduk dunia yang berusia lanjut , masa hidup wanita meningkat hingga umur 80 tahun dan 75 tahun bagi lelaki. Selain itu, penjagaan kesehatan yang lebih baik, tingkat perkimpoian menurun, perceraian bertambah dan mereka yang kimpoi tetapi tidak banyak anak.

Orang yang sakit yang berada di tahap sederhana dan parah akan menunjukkan tingkah laku yang aneh. Di antaranya, seperti menjerit, terpekik dan mengikut perawat ke mana saja walaupun ke WC.

Selain itu, orang yang sakit juga mendengar suara atau bisikan halus dan melihat bayangan menakutkan. Semua ini secara tidak langsung memberi tekanan mental kepada perawat sebab mereka terpaksa menjaga orang yang sakit ’36 jam’ sehari.

Orang yang sakit juga kadangkala akan berjalan ke sana sini tanpa sebab dan pola tidur mereka juga berubah. Orang yang sakit akan lebih banyak tidur pada waktu siang dan terbangun pada waktu malam.

Secara umum, orang sakit yang didiagnosis mengidap penyakit ini meninggal dunia akibat radang paru-paru atau pneumonia. Ini disebabkan, pada waktu itu orang yang sakit tidak dapat melakukan sembarang aktivitas lain.

Yang menyedihkan, adalah orang yang sakit itu sendiri tidak memahami apa yang terjadi pada diri mereka dan memerlukan bantuan orang lain. Berita buruknya penyakit Alzheimer ini, tidak dapat disembuhkan. Tetapi, gejalanya masih dapat dikendalikan dengan obat-obatan.

Obat-obatan yang diberi pada tingkat awal, dapat membantu ingatan penderita seperti kognitif, aktivitas harian dan tingkah laku.

Orang yang berisiko

* pengidap hipertensi yang mencapai usia 40 tahun ke atas
* Pengidap kencing manis
* Kurang berolahraga
* Tingkat kolesterol yang tinggi
* Faktor keturunan – mempunyai keluarga yang mengidap penyakit ini pada usia 50-an.

Pengidap Alzheimer yang terkenal

* Enid Blyton
* Charles Bronson
* Winston Churchill
* Perry Como
* Alfred Deakin
* James Doohan
* Ralph Waldo Emerson
* Barry Goldwater
* Rita Hayworth
* Charlton Heston
* Beatrice Lillie
* RatuJuliana dari Belanda(1948 – 1980)
* Burgess Meredith
* Iris Murdoch
* Maurice Ravel
* Ronald Reagan
* Sugar Ray Robinson
* Margaret Rutherford
* Cyrus Vance
* E.B. White
* Harold Wilson
* Randhy Dwirendrahadi
* UNYIL    (devi: aq juga ga tahu kenapa unyil bisa….hehehe)

February 11, 2009 Posted by | Thinking | Leave a comment

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.